Pekalongan Raih Predikat Pelayanan Prima Sejak 2024, Walkot: Harus Terus Berkembang

Template 13 1

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid saat membuka Seminar Pelayanan Publik di Gedung Diklat Kota Pekalongan, Senin, 11 Agustus 2025. (Lingkar Network/Beritajateng.id)

PEKALONGAN, Beritajatrng.id– Pemerintah Kota Pekalongan telah meraih predikat Pelayanan Prima PAN-RB dengan skor 97,76 sejak 2024. Capaian ini menjadi salah satu yang tertinggi secara nasional.

Wali Kota Afzan Arslan Djunaid menyebut keberhasilan itu sebagai lompatan besar dibanding kondisi pada 2021 yang berada di zona merah dengan nilai 44,36.

“Alhamdulillah sekarang sudah hijau dengan nilai 97,76, ini termasuk yang tertinggi. Tetapi perjalanan ini tidak mudah, tidak bisa dilakukan sendiri, harus ada komitmen dari seluruh OPD, terutama yang langsung berhubungan dengan pelayanan,” ujarnya saat membuka Seminar Pelayanan Publik di Gedung Diklat Kota Pekalongan, Senin, 11 Agustus 2025.

Menurutnya, sejumlah OPD telah menunjukkan peningkatan luar biasa berkat inovasi dan kerja keras. Namun, ia menegaskan inovasi harus terus berkembang.

Berbagai terobosan telah dilakukan, mulai dari layanan darurat call center 112 yang terhubung ke Satpol PP, Dinas PUPR, PLN, PDAM, hingga layanan kesehatan dengan nomor darurat 119 dan panic button. Pemkot juga mengembangkan layanan jemput bola bagi warga lanjut usia agar tidak perlu datang langsung ke kantor.

Jurnalis: Lingkar Network

Exit mobile version